Beternak Ikan Patin

Ikan patin

Ikan patin

Ternak ikan patin – Ikan patin adalah salah satu ikan air tawar yang mempunyai peluang ekonomi untuk diternakkan. Ternak ikan patin masih perlu diperluas lagi, karena pemenuhan atas permintaan ikan patin masih sangat kurang. Ikan patin seperti halnya ikan lele tidak mempunyai sisik dan mempunyai semacam duri yang tajam di bagian siripnya keduanya tergolong dalam kelompok catfish. Ada yang menyebut ikan patin dengan Lele Bangkok. Di beberapa daerah ikan patin mempunyai nama yang berbed antara lain ikan Jambal, ikan Juara, Lancang dan Sodarin. Rasa daging ikan patin yang enak dan gurih, rasa yang lebih dibandingkan Ikan Lele. Ikan patin mempunyai kandungan minyak dan lemak yang cukup banyak di dalam dagingnya.

Teknik ternak ikan patin sebenarnya relatif mudah, sehingga tidak perlu ragu bila berminat menekuni ternak ikan ini. Pada awalnya pemenuhan kebutuhan ikan patin hanya mengandalkan penangkapan dari sungai, rawa dan danau sebagai habitat asli ikan patin. Seiring dengan meningkatnya permintaan dan minat masyarakat, ikan patin mulai diternakkan di kolam, keramba maupun bak dari semen. Permintaan ikan patin yang terus meningkat memberikan peluang usaha bagi setiap orang untuk menekuni usaha di bidang ternak ikan patin ini. Dengan permintaan yang demikian meningkat jelas tidak mungkin mengandalkan tangkapan alam, tetapi perlu ternak ikan patin secara lebih intesnsif.

Jenis ternak ikan patin

Peluang usaha ternak ikan patin bisa dilakukan dalam dua bidang kegiatan yaitu kegiatan pembenihan dan kegiatan pembesaran sebagai ikan konsumsi. Kegiatan pembenihan adalah upaya untuk menghasilkan benih pada ukuran tertentu. Produk akhirnya adalah benih berukuran tertentu, yang umumnya ialah benih selepas masa pendederan. Ternak ikan patin sebagai pemenuhan bibit ini cukup mempunyai prospek yang bagus karena permintaan bibit juga cukup besar. Ternak ikan patin sebagai persediaan bibit ini memerlukan waktu yang relatif pendek sehingga perputaran modal bisa dipercepat. Ternak ikan patin dalam kategori pembesaran biasanya dilakukan saat bibit ikan patin mempunyai berat 8-12 gram/ekor, dan setelah 6 bulan bisa mencapai 600-700 gram/ekor. Sebagian petani ikan patin memanen setelah usia 3 sampai 4 bulan karena permintaan pasar ikan patin dengan bobot yang lebih rendah per ekornya. Budidaya ikan patin sebagai bibit dan ikan konsumsi mempunyai peluang usaha yang sama-sama menguntungkan, tergantung pilihan kita mana yang lebih memungkinkan.

Syarat ternak ikan patin

Ternak ikan patin membutuhkan beberapa persyaratan dan kondisi lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan dan perkembangannya antara lain sebagai berikut:

  • Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan dan budi daya ikan patin ialah jenis tanah liat/lempung, tidak berporos. Jenis tanah tersebut bisa menahan massa air yang besar dan tidak bocor sehingga bisa dibuat pematang/dinding kolam.
  • Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan kolam berkisar antara 3-5% untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.
  • Jika pembesaran patin dilakukan dengan jala apung yang dipasang disungai maka lokasi yang tepat yaitu sungai yang berarus lambat.
  • Kualitas air untuk pemeliharaan ikan patin harus bersih, tidak terlampau keruh dan tidak tercemar bahan-bahan kimia beracun, dan minyak/limbah pabrik. Kualitas air haruslah diperhatikan, untuk menghindari munculnya jamur, maka perlu ditambahkan larutan penghambat pertumbuhan jamur (Emolin atau Blitzich dengan dosis 0,05 cc/liter).
  • Suhu air yang baik pada saat penetasan telur menjadi larva di akuarium ialah antara 26-28 derajat C. Pada daerah-daerah yang suhu airnya relatif rendah diperlukan heater (pemanas) untuk mencapai suhu optimal yang relatif stabil.
  • PH air berkisar antara: 6,5-7.
loading...

Pencarian Beternak Ikan Patin

lele Dan patin dalam satu kolam, budidaya patin dalam drum, Pertanyaan tentang pembenihan ikan mas, ikan yang paling cepat panen, Bioflok ikan patin, pertanyaan tentang ikan patin, cara pembudidayaan ikan patin di tong, tempat2 yg di sukai ikan patin, ikan patin digabung dengan ikan nila, tanyajawab tentang ikan patin

Artikel Terkait Beternak Ikan Patin

Beternak Ikan Patin | | 4.5