Cara Beternak Lovebird

Cara beternak lovebird – Sebelum memulai beternak Lovebird, seharusnya Anda membedakan dulu antara Lovebird jantan dengan Lovebird betina. Secara warna dan fisik, lovebird susah untuk diketahui jenis kelaminnya.jka Anda ingin mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina  Cara yang paling gampang adalah dengan meraba kedua capit udang yang terletak dibawah duburnya. Jika keras, rapat dan lancip, biasanya jantan. Sedangkan burung betina capit udangnya lembek, lebar dan tumpul.

Gambar peternakan lovebird

Gambar peternakan lovebird

Untuk memulai beternak lovebird Anda harus memilih calon induk yang usianya relatif masih muda, berkisar umur 7 bulan sampai 2,5 tahun, sebab jika umurnya sudah lebih dari 3 tahun biasanya tidak terlalu produktif, serta tambahkan makanan ekstra contohnya sawi, toge, kwaci dan jagung muda untuk memicu birahi burung, dengan perawatan yang baik, Lovebird bisa hidup 10 hingga 20 tahun

Budidaya lovebird sebaiknya di lakukan secara individual, cara ini di lakukan agar Anda dapat lebih mudah mengetahu garis keturunan dari burung tersebut,  untuk satu pasang lovebird gunakanlah kandang dengan ukuran berkisar 40 cm x 40 cm x 80 cm, untuk bertelor dan mengeram siapkan glodok atau kotak sarang yang terbuat dari papan dengan ketebalan berkisar 2 cm, dengan ukuran XLXT = 15 CM x 20 cm x 25 cm, dan diisi dengan kulit jagung yang sudah di keringkan, serbuk kayu dan lain sebagainya.

Secara umum lovebird bertelur berkisar 4 – 6 butir,dan dierami selama 21 hingga 23 hari, setelah menetas lovebird jantan dan betina bergantian menyuapi anaknya sampai anak burung dapat makan sendiri, jika indukan lovebird tidak mau mengasuh anaknya maka Anda harus menyiapkan tempat (kotak) dengan ukuran berkisar 40cmx40cmx40cm dan i beri lampu bohlam 5 watt untuk penghangat, untuk makananannya Anda siapkan bubur susu untuk bayi yang di campur dengan air hangat dan diberikan setiap 2 jam sekali, setelah berumur 3 – 4 minggu Anda kenalkan dengan jenis makanan lain seperti millet, buah buahan dan sayur sayuran.  agar induknya dapat kembali bereproduksi maka anak burung yang sudah dapat makan sendri segera pindahkan ke sangkar lain.

Tips memilih indukan lovebird yang baik

  • Usia indukan lovebird

Burung Lovebird betina biasanya akan mulai bertelur pada usia 5 bulan. Namun demikian usia ideal bagi induk Lovebird untuk ditangkarkan adalah usia 7-8 bulan. Sebaiknya Anda menghindari memilih indukan yang terlalu muda sebab belum sempurna organ reproduksinya sehingga dapat beresiko susah bertelur, daya tetas rendah dan anakan yang ditetaskan mudah mati.

  • Pilih induk yang sehat

Induk burung Lovebird yang sehat dapat diamati dari gerakannya yang lincah juga gesit. Selain itu nafsu makannya juga bagus.

  • Postur tubuh proporsional

Pilih indukan Lovebird yang mempunyai postur tubuh proporsional. Artinya perbandingan leher, badan, ekor dan kaki Lovebird tampak serasi dan seimbang. Pada bagian dada terlihat lebar, sayap mengepit rapat, kaki kokoh, kering dan mencengkeram kuat.

  • Kepala besar

Burung Lovebird dengan kepala yang besar biasanya mempunyai nyali dan mental yang besar juga. Selain itu pangkal paruhnya terlihat panjang, lebar, tebal dan kokoh. Bola matanya terlihat besar, bersih bersinar juga sorot matanya tajam.

  • Leher panjang dan padat

Pilih induk Lovebird yang mempunyai leher panjang dan padat berisi. Burung Lovebird yang mempunyai leher seperti ini biasanya mempunyai kekuatan suara yang prima.

Masalah dalam beternak lovebird:

  • Telur tidak menetas

Tidak semua telur dapat menetas, dan telur yang tidak menetas biasanya adalah telur yang terakhir,dan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal antara lain : infeksi bakteri, kekurangan nutrisi, indukan yang mandul, dan juga disebabkan oleh telur yang tidak dierami.

  • Cacat kaki

Telur yang sudah menetas tidak semua tumbuh menjadi anak burung yang cantik, sering kali Anda jumpai anak Lovebird yang kakinya tidak dapat berdiri dan mencengkeram dengan sempurna serta cenderung miring ke samping, untuk menghindari hal ini maka gunakanlah glodok yang berbahan triplek yang tidak licin (belum di serut) dan beri bahan sarang yang cukup.

  • Tidak jodoh

Indukan yang Anda jodohkan kadang kadang tidak mau bersatu, Hal ini dapat disebabkan sebab beberapa hal, al: belum memasuki masa birahi, keduanya berjenis kelamin sama, situasi atau lingkungan yang kurang mendukung.

Makanan lovebird

  • Bijian mix

Anda dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran sebagai pakan utamanya.

  • Sayuran segar

Burung Lovebird sangat menggemari sayuran segar seperti: Kangkung, Sawi Putih, Jagung Muda dan sayuran lainnya.

  • Asinan

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini memerlukan asupan kalsium tambahan. Bisa diberikan tulang sotong untuk sebagai pelengkap kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.

  • Extra fooding

Biji bunga Matahari, biji Fumayin, biji Kedelai, biji Kacang Merah dan biji Kacang Hijau sangat digemari oleh burung ini untuk melengkapi kebutuhan vitamin, protein dan menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme didalam tubuhnya.

loading...

Pencarian Cara Beternak Lovebird

usia lovebird mabung pertama, umur lovebird mabung pertama, manfaat tebu buat lovebird, kenapa lovebird bertelur di luar glodok, lovebird mabung pertama umur berapa, lovebird bertelur di luar glodok, usia lovebird mabung, lovebird bertelur diluar glodok, umur lovebird mabung, makanan penurun birahi

Artikel Terkait Cara Beternak Lovebird

Cara Beternak Lovebird | | 4.5