Cara Budidaya Buah Manggis

Budidaya buah manggis

Budidaya buah manggis

Cara budidaya buah manggisBudidaya buah manggis bisa dilakukan dengan menggunakan biji dari buah manggis itu sendiri. Biji buah manggis bisa bertahan hingga 5 minggu tergantung cuaca, dan semakin besar bijinya maka semakin bagus pertumbuhan tunasnya. Anda juga bisa mengembangkan atau memperbanyak secara vegetatif misalnya dengan cangkok, stek, sambung, tempel. Cara yang paling berhasil adalah dengan cara sambung pucuk.

Kalau mau melakukan sambung gunakan batang bawah bibit semai yang sudah berumur 2 tahun dan diameter batang kurang lebih 0,5cm.  Nah sesudah punya bibit manggis sebaiknya cari daerah yang teduh dan dekat sumber air. Buatlah area bedeng 1 meter persegi dan kedalaman 30cm serta beri pupuk kandang 10kg. dan jarak antar tanaman 2 meter. Bila Anda ingin melakukan persemaian dengan wadah plastik buatlah perbandingan 1:1:1 tanah, pupuk, pasir.

Ketika panen pastikan 25% permukaan kulit buah manggis sudah berwarna ungu, petik buah bersamaan tangkainya agar awet buahnya. Setelah Anda panen kelompokkan buah tersebut berdasar mutu buah manggis sebagai berikut :

  • Terbaik diameter 6,5cm keatas.
  • Baik diameter 5-6,5cm.
  • Sedang 5,5 cm.

Demikian sedikit ulasan tentang cara budidaya buah manggis yang mungkin bermanfaat untuk Anda. Selamat menanam..

loading...

Pencarian Cara Budidaya Buah Manggis

cara mencangkok pohon manggis, cara mencangkok manggis, Cangkok manggis, cara cangkok manggis, cara stek manggis, cangkok pohon manggis, cara cangkok pohon manggis, cara menyetek pohon manggis, stek manggis, mencangkok manggis

Artikel Terkait Cara Budidaya Buah Manggis

Cara Budidaya Buah Manggis | | 4.5