Cara Budidaya Jamur Merang

Jamur merang

Jamur merang

Cara budidaya jamur merang Terdiri dari pembibitan jamur merang, Penanaman jamur merang, Perawatan dan panen jamur merang. Untuk lebih jelasnya di bawah ini kami akan mengulas tentang cara budidaya jamur merang.

Pembibitan jamur merang

Dalam pembibitan jamur merang ini hal-hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Cari jamur merang yang sudah memiliki payung di peranian bibit jamur merang
  • Iris-iris jamur merang yang berpayung tersebut , payungnya saja lalu masukkan dalam panci siramlah air hangat supaya steril
  • Aduk dengan abu sekam, sekam mentah dan irisan jamur dicampur air bersih dengan banyak irisan 3/4 Kg. Tutup rapat pada tempat teduh selama 2-4 hari
  • Setelah 2-4 hari dibuka tutupnya akan terlihat serabut benang putih seperti sarang laba-laba. Apabila tidak terlihat serabut putih berarti pembibitan jemur merang anda mengalami kegagalan. Silahkan untuk mengulang kembali.

Penanaman jamur merang

Penanaman Jamur merang dilakukan dengan cara: Jerami dibasahi sampai jenuh kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain. Tumpuk dalam jaluran selama beberapa hari. Balik jika diperlukan. Biasanya setelah sekitar 2 minggu kompos telah siap.

Tahap selanjutnya lakukan pasteurisasi dengan uap panas / steam hingga mencapai temperatur 60 Celsius. Turunkan kembali suhu pada 30 celsius jika sudah mencukupi. Taburkan bibit pada kompos pelapis. Jaga suhu agar tetap stabil dan ruangan tetap lembab.

Pada hari ke 14 biasanya jamur sudah mulai tumbuh. Lakukan pengabutan ruangan dan penyiraman untuk menjaga kadar air. Panen bisa mulai dilakukan setelah jamur mencapai ukuran yang dikehendaki konsumen.

Perawatan dan panen jamur merang

Bedengan yang telah ditumbuhi jamur merang disiram air bersih 1 minggu pagi dan sore. Setelah itu selang 2 hari sekali diatur suhunya supaya konstan (bila kurang air disiram lagi/ bila lebih maka katup jendela dibuka)

Setelah 20 hari, jamur-jamur merang anda sudah tumbuh dan siap dipanen. Panen dapat dilakukan terus menerus sampai 3 bulan hanya membutuhkan pembibitan jamur merang baru lagi.

Semoga sedikit ulasan tentang cara budidaya jamur merang di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba..

loading...

Pencarian Cara Budidaya Jamur Merang

binatang merang, download suara burung pikat om kicau, Jenis binatang merang, budidaya rayap untuk pakan belut, cara meng obati ayam pikat yang takut, download om kicau pikat, download suara burung khusus pikat, download suara burung salak, jagung birahi kacer

Artikel Terkait Cara Budidaya Jamur Merang

Cara Budidaya Jamur Merang | | 4.5