loading...

Cara Budidaya Tanaman Hias

Cara budidaya tanaman hias –  Cara menanam tanaman hias umumnya di bagi dalam tiga tahapan. Yaitu: Persiapan media tanam, cara pengepotan yang baik, cara pengairan yang tepat. Untuk lebih jelasnya kita akan mengulas tentang ketiga tahapan tersebut.

Tanaman hias

Tanaman hias

Persiapan media tanam

  • Letakkan beberapa pecahan batu merah (sebagai pengikat air) di dasar pot
  • Isi pot dengan campuran tanah yang ideal untuk tiap-tiap jenis
  1. Campuran umum:  pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian, 1/3 bagian pupuk kandang
  2. Campuran untuk jenis suka kering: pasir ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang
  3. Campuran untuk jenis suka lembab: tanah ½ bagian, 1/2 bagian pupuk kandang
  • Media siap untuk ditanami.

Cara pengepotan yang baik

  • Pilihlah pot tanaman dan media tumbuh yang sesuai dengan tanaman yang akan kita potkan. Pot juga harus disesuaikan dengan tempat dimana dan bagaimana pot tersebut diletakkan.
  • Jika pot dan media yang telah disiapkan tersedia, pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup. Isikan media kurang lebih 1/3 bagian pot. masukkan tanaman, usahakan media asal yang menempel pada tanaman masih ada, agar tanaman tidak mengalami stres saat beradaptasi dengan media yang baru.
  • Tambahkan lagi media tanam, sambil tanaman dipegang terus dengan sebelah tangan. Setelah hampir penuh, tekan media perlahan-lahan dengan ibu jari agar tanaman dapat berdiri kokoh. Pot jangan diisi sampai penuh, sisakan sekitar 2 cm dari bibir pot agar mudah waktu melakukan penyiraman.
  • Setelah pengepotan selesai, siramlah tanaman secukupnya. Dinding luar dan dasar pot dibersihkan dari kotoran dan media tanam yang masih menempel sebelum diletakkan pada tempat yang diinginkan.

Cara pengairan yang tepat

Beberapa cara untuk mengairi tanaman pot dalam ruangan yaitu:

  • Air diberikan melalui alas pot. Dengan cara ini air akan meresap ke atas ke media tanam dengan melalui sistem kapiler. Keuntungan media tidak terlalu basah, tetapi ketersediaan air cukup terjamin. Untuk membantu peresapan air ke media tanam sebaiknya dipasang tali dari media ke alas pot melewati lubang drainase.
  • Air diberikan langsung pada media tanam. Pada cara ini air dapat disiramkan langsung pada permukaan media tanam atau juga dapat melalui pipa yang ditancapkan ke media tanam. Usahakan air siraman tidak mengenai tanaman secara langsung.

Waktu terbaik untuk melakukan penyiraman tanaman adalah di malam hari kira-kira pukul 6 – 7 malam. Selamat mencoba, Semoga usaha tanaman atau bisnis tanaman hias Anda sukses.

loading...

Pencarian Cara Budidaya Tanaman Hias

cara budidaya cabe di jepang, pertanian cabai di jepang, pertanian cabe jepang, cara membuat naungan, pertanian cabe di jepang, budidaya cabai jepang, cara budi daya cabe di jepang, budidaya cabai di jepang/, Cara menanam cabai di jepang, Membuat naungan

Artikel Terkait Cara Budidaya Tanaman Hias

Cara Budidaya Tanaman Hias | | 4.5