loading...

Cara Mendongkrak Performa Cucak Ijo

Cara memaksimalkan cucak ijo

Cara memaksimalkan cucak ijo

Cara mendongkrak performa cucak ijo – Burung cucak ijo hingga saat ini masih menjadi salah satu jenis burung yang menjadi primadona di dunia kicaumania.

Ada berbagai alasan mengapa setiap penghobi memiliki trik atau cara memaksimalkan cucak ijo berdasarkan informasi berbagai sumber yang berhasil memaksimalkan kinerja saat dilombakan, ternyata banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendongkrak performa  cucak ijo agar burung yang satu ini dapat tampil maksimal di lapangan, berikut ada beberapa cara mendongkrak performa cucak ijo:

Penjemuran

Hal ini biasanya dilakukan kicaumania dengan cara melakukan penjemuran secara konsisten, biasanya burung dibuka krodongnya pada pagi hari kira-kira pukul 7 Pagi, dan burung di jemur teriknya matahari pagi selama 2 jam, penjemuran harus dilakukan secara rutin setiap hari, tetapi apabila cuaca mendung sebaiknya burung tidak dikeluarkan.

Pemberian jangkrik

Cara salah satu ini juga biasanya sering dilakukan kicaumania dengan memberikan porsi lebih terhadap makanan tambahannya yaitu jangkrik dengan jumlah banyak antara 10 – 20 ekor jangkrik/hari, untuk meningkatkan stamina cucak ijo dan menaikkan birahi burung supaya dapat tempur maksimal ketika dilombakan.

Pemberian madu

Madu adalah suplemen alami yang baik diberikan pada cucak ijo, biasanya madu bisa dioleskan ke makanan harian burung seperti pisang ataupun apel, selain itu madu juga bisa dicampurkan dalam minumannya burung hal ini dilakukan guna stamina burung terus terjaga dengan baik.

Pemberian ulat bumbung

Ulat bumbung terkenal mempunyai kandungan protein yang tinggi, hal ini  baik diberikan kepada cucak ijo, selain bisa menambahkan stamina, protein ini juga baik untuk pertumbuhan bulu, biasanya cucak ijo diberikan ulat bumbung secara rutin tiap 3 Kali/minggu efeknya cucak ijo mempunyai warna yang cerah.

Pengumbaran maksimal

Cara yang satu ini juga sering dilakukan kicaumania, fungsinya adalah untuk mendongkrak stamina cucak ijo supaya tampil maksimal, biasanya umbaran yang digunakan minimal berukuran 2 meter dan dalam proses pengumbaran diusahakan sambil di jemur di pagi hari batas penjemuran sampai jam 10 pagi.

Pemberian buah segar

Cucak ijo adalah salah satu burung yang gemar mengkonsumsi buah-buahan segar, jadi pemberian buah segar yang rutin dan bergantian sangat baik bagi pencernaan cucak ijo, hal ini juga bisa memancing burung untuk rajin berkicau, tetapi buah yang diberikan harus benar-benar segar, hal ini berguna untuk menghindari gangguan pencernaan.

Penjemuran krodong

Penjemuran dengan cara di krodong ini memang tidak lazim, tetapi ada beberapa kicaumania tanah air yang melakukan hal ini, biasanya cara seperti ini dilakukan pada burung-burung yang mempunyai pawakan besar, ini guna untuk memaksimalkan panas matahari yang didapat, sehingga burung memiliki postur tubuh yang ideal dan tidak kegemukan, selain itu  stamina burung akan jauh lebih meningkat.

loading...

Pencarian Cara Mendongkrak Performa Cucak Ijo

umur cucak ijo keluar trotol hitam, makanan cucak kuricang, cara cepat keluar trotol pada cucak ijo, cara merawat cucak ijo sakit mata, cucak ijo kurus, manfaat ulat bambu untuk cucak ijo, cara perawatan cucak kopi kalung, cara mengawinkan cucak ranting, cucak ijo sayapnya turun, cara mengobati cucak ijo batuk

Artikel Terkait Cara Mendongkrak Performa Cucak Ijo

Cara Mendongkrak Performa Cucak Ijo | | 4.5