Cara Merawat Burung Cucak Biru

Cara merawat burung cucak biruBurung cucak biru memiliki warna bulu di bagian punggungnya biru beludru, sedangkan sayapnya hitam legam dengan sedikit dihiasi warna biru. Paruhnya juga hitam. Yang menarik, matanya berwarna merah.

Burung ini juga mempunyai ocehan yang merdu dan variatif. Suara dan nadanya hampir sama dengan cucak hijau. Hanya saja variasi suara cucak hijau lebih banyak. Tetapi bila dipelihara sejak kecil, apalagi didekatkan dengan burung-burung berkicau lainnya, cucak biru mampu merekam banyak ocehan.

Gambar burung cucak biru

Gambar burung cucak biru

Burung ini dulu banyak dicari kicau mania. Tetapi karena jarang ada upaya penangkaran, sementara permintaan meningkat, populasi cucak biru di alam bebas kini makin menipis. Termasuk di habitat aslinya, yaitu hutan-hutan primer di Sumatera dan Filipina bagian selatan.

Jika datang ke pasar burung, belum tentu ada pedagang yang menjualnya. Kalau pun ada, harganya sudah melambung tinggi. Inilah dampak negatif dari pemanfaatan satwa tanpa dibarengi kesadaran untuk melestarikannya.

Postur tubuhnya sedikit lebih besar daripada cucak hijau. Namun pakannya sama, yaitu pisang dan voer. Di alam bebas, ia terbiasa hidup secara individual di hutan-hutan yang berisi pepohonan tinggi dan lebat.

Dia juga mencari makanannya di atas pohon, berupa semut, kroto, ulat, dan serangga lainnya. Pada saat musim pancaroba, burung jantan akan mencari calon pasangan, kemudian berkembang biak.

Perbedaan cucak biru jantan dan betina

Burung cucak biru ini memiliki ukuran agak besar, lebih kurang 24 hingga 27 cm panjang. Mata berwarna merah dan kelopak mata berwarna merah muda. Burung cucak biru jantan berwarna biru laut cerah pada bulu atas, yang digabungkan dengan warna hitam serta sisi ujung ekor berwarna hitam. Sedang cucak biru betina didominasi oleh warna biru muda. Hingga gampang membedakan pada burung cucak biru jantan serta betina.

Perawatan burung cucak biru

  • Burung diembunkan saat pagi hari serta agar terkena sinar matahari sampai jam 08. 00
  • Berikan buah-buahan segar layaknya pisang, apel, jeruk, dan lain-lain
  • Berikan jangkrik 3 ekor serta ulat jerman ekor
  • Mandikan burung kemudian angin-anginkan
  • Berikan lagi jangkrik 1 ekor serta ulat hongkong 1 ekor
  • Jemur sampai jam 09. 30 lalu burung dipindah ke area teduh serta sejuk
  • Sore hari jam 16. 00 berikanlah jangkrik 3 ekor
  • Jika dibutuhkan burung dapat dimandikan lagi lantas diangin-anginkan
  • Pukul 18. 00 burung dimasukkan ke dalam tempat tinggal untuk istirahat sampai besok paginya
loading...

Pencarian Cara Merawat Burung Cucak Biru

cucak biru anakan, download suara cucak biru betina, cucak biru mabung, cucak biru jantan anakan, cara merawat cucak kuricang, cucak biru umur 4 bulan, anakan cucak biru, apakah cucak biru betina bisa bunyi, ciri ciri anakan cucak biru jantan, warna cucak biru umur 2-4 bulan

Artikel Terkait Cara Merawat Burung Cucak Biru

Cara Merawat Burung Cucak Biru | | 4.5