Cara Ternak Kenari

By On Monday, July 8th, 2013 Categories : Burung
Gambar burung kenari

Gambar burung kenari

Cara ternak kenariBeternak kenari memang merupakan peluang yang masih berpotensi menjadi keuntungan bagi peternaknya baik itu untuk dipelihara sendiri ataupun dijual ke pasaran burung. Namun ada kalanya dalam beternak itu sering dihadapi berbagai permasalahan yang timbul seperti kenapa burung tidak mau berjodoh, kenapa kenari jantan selalu mematuk burung betina dan kenapa burung kenari tidak mau kawin.

Cara ternak kenari secara umum ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan, ini sangat penting untuk kita saat akan memulai usaha ternak kenari ini, karena 1 saja anda lewatkan maka besar kemungkinan anda akan mengalami kegagalan atau penundaan keberhasilan. Apa saja faktor penting yang harus kita perhatikan,

  • Usia burung kenari untuk indukan
  • Jenis kelamin burung kenari
  • Kandang ternak burung kenari
  • Proses penjodohan burung kenari
  • Pemindahan burung kenari dalam 1 sangkar
  • Usia burung kenari untuk indukan

Usia Kenari untuk indukan merupakan faktor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia Kenari indukan yang terbaik untuk diternak ialah 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan.

  • Jenis kelamin burung kenari

Anda sebagai peternak harus bisa mengenali ciri-ciri kenari jantan dan betina, dalam hal mengenali jenis kelamin Kenari ini cukup sulit bagi kita yang masih pemula. Pendekatan awal yang bisa kita lakukan ialah dengan melihat dari postur tubuh kenari, namun dalam kasus tertentu kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.

  • Kandang ternak burung kenari

Kandang ternak, ukuran, tata letak dan posisi kandang ternak, lingkungan dan sarana penunjang lainnya harus kita perhatikan betul. Perhatikan kemungkinan timbulnya gangguan dari serangga dan hewan lainnya. Detail tentang ukuran kandang dan isiannya akan kami bahas tersendiri. Kandang ada baiknya dibuat menempel ke dinding, dan untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempel ke tembok di kelilingi dengan kapur ajaib yang bisa anda dapatkan di mini market. Jika kandang ternak menggunakan kaki-kaki maka pada kaki-kakinya bisa diolesi dengan olie bekas. Serangan atau gangguan utama lainnya yaitu tikus, tikus sering  mengambil makanan kenari, tetapi disaat tertentu tikus juga memlukai atau membunuh Kenarinya.

  • Proses penjodohan burung Kenari

Jika anda sudah memilih dan membeli sepasang kenari dengan usia yang sudah masuk kriteria siap ternak maka, proses selanjutkan ialah proses  penjodohan. Proses penjodohan ini biasanya dilakukan dengan cara kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan selanjutnya kedua sangkar Kenari tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak peternak pemula seperti halnya kami dulu yang tidak sabar menjalani proses penjodohan dan langsung memasukan jantan dan betina kedalam satu kandang. Jika Kenari tersebut belum ada “ketertarikan” satu dan yang lainnya maka akibatnya kedua Kenari bisa saling menyerang. Jika kita menggunakan sangkar atau kandang terpisah maka kita akan mengetahui kesiapan untuk dijadikan satu kandang atau timbulnya “ketertarikan” diantara kedua burung Kenari.

  • Pemindahan burung kenari dalam satu sangkar

Proses selanjutnya dalam cara ternak kenari adalah menyatukan kedua kenari tersebut dalam satu sangkar. Anda bisa mengenali ciri apa saja yang timbul dan bisa dijadikan tanda bahwa kedua burung Kenari sudah siap disatukan dalam satu sangkar ialah, saat burung Kenari jantan didekatkan dengan betinanya maka burung Kenari jantan akan mengejar dengan menabrak sangkar dengan bunyi kicauan yang keras, selanjutnya anda perhatikan betinanya, tanda jika sudah siap disatukan maka burung Kenari betina akan menggerakan sayapnya dan merendahkan bagian depan tubuhnya sebagai tanda  minta kawin. Ciri-ciri lainnya akan kami bahas tersendiri.

Cara Ternak Kenari | | 4.5