Cara Ternak Kenari Yorkshire

By On Sunday, January 12th, 2014 Categories : Burung
Kenari yorkshire

Kenari yorkshire

Cara ternak kenari yorkshireTernak kenari yorkshire adalah cara ternak kenari yang paling banyak diminati oleh banyak peternak kenari pemula selain ternak kenari lokal. Dalam budidaya kenari yorkshare, Anda akan mendapatkan hal yang sama seperti budidaya kenari lainnya.

Pada kali ini kami akan membahas secara rinci namun tetap singkat mengenai cara ternak kenari yorkshare. Mulai dari usia kenari hingga tips beternak kenari akan kami ulas.

Usia kenari yorkshire saat beternak

Tips beternak kenari yorkshire yang pertama adalah menentukan usia kenari. Usia yang baik untuk sebuah kenari adalah usia yang tak terlalu muda dan tak terlalu tua. Khusus untuk kenari yorkshire, Anda dapat memulai melakukan ternak saat usia minimal 1 tahun.

Jenis kelamin kenari yorkshire

Jenis kelamin kenari yorkshire cukup sulit untuk ditentukan jenis kelaminnya. Namun, secara keseluruhan panduan berikut dapat membantu Anda.

  • Kenari jantan saat mencapai usia 1.5 tahun sudah dapat memulai bernyanyi
  • Ukuran tubuh kenari jantan cenderung memanjang, leher agak panjang, namun jika para betina, badannya kelihatan agak bulat
  • Anus jantan berbentuk menonjol tegak lurus atau vertical. Jika betina sebaliknya, berbentuk horizontal
  • Jantan dewasa berbunyi nyaring dan nge-roll.

Kandang kenari

Cara ternak kenari yorkshire yang tak kalah penting adalah pengandangan. Dalam menghindari serangan berbaga serangga seperti semut, Anda perlu mengelilingi kandang dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika Anda menginginkan kandang dengan kaki, maka silakan oleskan atau tempatkan wadah beroli di keempat kaki kandang. Selain serangga, sebenarnya predator utama bagi kenari adalah tikus. Jadi, kandang kenari perlu mendapatkan proteksi yang benar-benar kuat.

Proses penjodohan kenari yorkshire

Proses penjodohan dalam cara ternak kenari yorkshire adalah proses yang teramat penting karena dapat mendatangkan anakan kenari baru. Proses penjodohan dilakukan dengan menempatkan kenari pada satu kandang. Dengan begitu Anda dapat melihat, apakah si kenari siap atau tidak. kalau si kenari jantan masih takut maka Anda perlu meningkatkan birahinya. Caranya, dapat dengan menjemur dan terus menerus menggandengkan kandang antara si kenari jantang dengan si kenari betina.

Proses penjodohan dan penyatuan kenari yang paling baik, dilakukan saat sore hari. Jika menurut salah seorang ahli cara ternak kenari yorkshire, pada pagi hari mereka sudah berjodoh dan siap menghasilkan kenari yorkshire baru.

Cara Ternak Kenari Yorkshire | | 4.5