Manfaat Ulat Hongkok Untuk Burung

Manfaat Ulat Hongkok Untuk Burung – Salah satu jenis ulat yang biasa dan sering dijadikan sebagai makanan yang sangat populer untuk burung saat ini adalah ulat hongkong (mileworm). Banyak orang percaya ulat hongkong sebagai sumber protein yang cukup baik bagi burung peliharaan. Ada cukup banyak jenis burung yang biasa diberi makan atau mengkonsumsi ulat hongkong, antara lain burung kacer, burung murai batu, burung kapas tembak, burung jalak, burung pleci, dan jenis-jenis burung yang mengkonsumsi serangga lainnya.

Manfaat Ulat Hongkong

Manfaat Ulat Hongkong

Di Indonesia sendiri, sudah ada bahkan cukup banyak masyarakat yang membudidayakan, mengingat ulat hongkong ini cukup baik untuk dijadikan pakan burung, terlebih lagi untuk burung ocehan.

Kandungan Ulat Hongkong

Ulat hongkong mempunyai kandungan bermanfaat, maka tak heran jika memanfaatkan ulat hongkong sebagai pakan burung pun sering dilakukan. Adapun kandungan yang terdapat dalam ulat hongkong, antara lain:

  • Lemak kasar 42%
  • Protein kasar 46%
  • Kadar abu 7 %
  • Kandungan non nitrogen 10 %

Manfaat Ulat Hongkong

Dari beberapa kandungan ulat hongkong yang telah disebutkan di atas, makan ulat hongkong cukup bermanfaat untuk burung, antara lain:

  • Meningkatkan Kualitas Suara Burung

Selain itu ulat hongkong juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas suara dari burung-burung ocehan. Sehingga ulat hongkong cukup digemari oleh masyarakat umum dan para penggemar burung ocehan atau burung pemakan serangga lainnya.

  • Sebagai Makanan Burung

Hal ini juga dapat menghindari kebosanan yang dialami oleh burung jika hanya memakan makanan yang tidak variatif. Ulat hongkong dapat dijadikan makanan selingan sebagai pengganti makanan yang lain.

Efek Negatif Ulat Hongkong

Dewasa kini ada banyak pro dan kontra mengenai pemanfaatan ulat hongkong. Banyak yang percaya mengenai manfaat ulat hongkong yang sangat baik, namun tak jarang juga yang mengkhwatirkan burung peliharaan mereka jika mengkonsumsi ulat hongkong. Karena ternyata, selain mempunyai manfaat, ulat hongkong juga mempunyai dampak negatifnya. Dampak negatif tersebut antara lain:

  • Menyebabkan Kegemukan

Ulat hongkong dapat menyebabkan kegemukan pada burung peliharaan. Mengapa? Karena menurut banyak sumber dan penelitian ulat hongkong mengandung banyak lemak, hal ini tentu akan menyebabkan kegemukan dan akan berdampak negatif bagi kesehatan burung.

  • Menimbulkan Beberapa Penyakit Lain

Penggunaan ulat hongkong sebagai pakan burung juga dapat menimbulakan beberapa penyakit bagi burung peliharaan, seperti sakit mata dan juga pencernaan yang kurang baik. Hal ini biasa disebabkan karena ulat hongkong yang diberikan sebagai pakan burung tidak berkualitas.

Bahaya Lain Ulat Hongkong

Ulat hongkong juga dipercaya bahwa dia masih dapat hidup selama beberapa detik jika kepalanya tidak hancur (terkunyah) saat dimakan oleh burung. Jika itu terjadi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa ulat hongkong akan mengigit atau merusak organ dalam pada burung atau organ pencernaan, hal ini tentu akan tidak baik.

 

loading...

Pencarian Manfaat Ulat Hongkok Untuk Burung

penyakit ulat jerman, manfaat tebu buat burung lovebird, manfaat ulat daun pisang untuk burung, semut hongkong, ulat pisang untuk kacer, cara agar cucak ijo mau makan ulat hongkong, pemberian ulat hongkong untuk jalak suren, manfaat ulat daun pisang untuk CI dan kacer, manfaat semut hongkong, manfaat ulat pisang buat burung

Artikel Terkait Manfaat Ulat Hongkok Untuk Burung

Manfaat Ulat Hongkok Untuk Burung | | 4.5