Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Bersuara Serak

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Bersuara Serak – Saat ini banyak sekali keluhan dari para kicaumania tentang banyaknya burung yang terkena penyakit serak pada tenggorokannya. Rata-rata penyakit ini dialami oleh burung murai batu yang sekarang ini lagi marak.

Cara mengatasi suara serak pada murai

Cara mengatasi suara serak pada murai

Lalu, apa sebenarnya penyebab dari seraknya suara burung itu? Berikut ini kami akan menjelaskan Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Bersuara Serak.

Penyebab serak pada burung :

  • Pemberian jangkrik yang tidak bersih

makanan-jangkrik_miniSaat kita memberi extra fooding (EF) berupa jangkrik pada burung. Jangkrik sebaiknya dibersihkan baik sayap dan kakinya. Karena sayap dan kaki jangkrik sangat tajam dan dapat melukai tenggorokan burung.

  • Pakan voer yang tidak cocok

Kemudian pakan voer juga bisa menjadi penyebab serak pada burung. Karena dalam campuran voer ada bahan yang mengadung tepung ikan, dan ini dapat membuat reaksi pada tenggorokan burung tersebut.

Seperti kita ketahui, ada diantara kita yang alergi dengan namanya udang atau ikan. Seperti halnya juga pada burung, ada burung-burung tertentu ketika mengkonsumsi voer yang mengadung tepung ikan mengakibatkan serak pada tenggorokannya.

  • Terlalu lama dijemur dibawah sinar matahari

Terkadang kita tanpa menyadari, menjemur burung di bawah matahari langsung yang berlebihan, dapat mengakibatkan fatal bagi burung tersebut. Hal ini dikarenakan hawa panas matahari membuat kering tenggorokan burung tersebut. Apalagi setelah dijemur dibawah matahari kencang, burung langsung diberi air minum. Menjemur burung yang benar, cukup dua jam saja, yakni pada jam 08.00 Wib sampai pukul 10.00 Wib. Karena sinar matahari pagi pada jam tersebut masih mengandung ultra violet.

Baca juga : Cara membuat kenari bersuara panjang

Cara mengatasi serak pada burung

Ada beberapa langkah yang harus kita ambil untuk mengatasi serak pada tenggorokan burung. Langkah-langkah tersebut antara lain :

  • Angin-anginkan burung yang sedang serak sebentar saja, dan usahakan letakan posisi sangkar burung yang sedang sakit itu jauh dari burung lainya (apabila Anda memiliki lebih dari satu burung) agar tidak menular kepada burung lainnya.
  • Apabila burung sudah di angin-anginkan, maka Anda tinggal memandikan burung tersebut menggunakan rebusan air daun sirih hingga tubuhnya setengah basah.
  • Setelah itu jemur burung Anda, namun jangan terlalu lama. Dan waktu penjemuran yang baik ialah antara waktu 7 pagi hingga 10 pagi.
  • Berikutnya ganti air minum burung menggunakan rebusan air daun sirih.
  • Berikan EF jangkrik sebanyak 3 ekor pada pagi atau sore, dan juga kroto bersih setiap harinya secukupnya saja.
  • Rajin-rajinlah membersihkan sangkar supaya terhindar dari serangan bakteri dan juga jamur yang dapat berkembang biak dalam sangkar.
  • Pada saat proses penyembuhan, usahakan tempatkan burung pada tempat yang tenang
  • Pilih pakan voer yang tidak mengandung bahan tepung ikan.

Semoga bermanfaat.

loading...

Pencarian Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Bersuara Serak

mengatasi tledekan oper birahi, cara mengatasi lovebrid mencret, cara menggatasi labet menelur di luar, mengatasi lovebird galak bertelur diluar glodok, faktor kenari mbalon, ciri tledekan ob, terapi cucak keling, cara mengatasi burung lb stress, cara menanggulangi lovebird yg bertelur di luar sarang, atasi telur love bird diluar glodok

Artikel Terkait Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Bersuara Serak

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Bersuara Serak | | 4.5