loading...

Penyebab Telur Kenari Gagal Menetas

Telur kenari gagal menetas

Telur kenari gagal menetas

Penyebab telur kenari gagal menetas – Setiap penangkar burung kenari  pasti menginginkan produktivitas indukan meningkat dari waktu ke waktu hingga tercapai batas optimal. Tetapi kenyataannya, tidak mudah mencapai sasaran tersebut, terutama akibat jumlah telur sedikit, telur infertil, embrio mati sebelum telur menetas, dan piyik mati beberapa jam atau beberapa hari setelah menetas.

Pada kesempatan kali ini kami telah merangkum penyebab telur kenari gagal menetas.

Kondisi kesehatan kenari

Bila indukan kenari terlalu lelah serta lelah waktu mengeluarkan telur-telurnya bisa jadi sebab telur kenari gagal menetas. Hal ini bisa berlangsung juga dengan indukan si jantan. Bila indukan jantan terlalu terforsir untuk kawin, maka bisa merubah staminanya. Hal ini juga dengan cara langung bisa merubah mutu sperma indukan jantan. Keadaan indukan yang stress akan menyebabkan kecenderungan untuk meninggalkan sarang pengeraman serta berperilaku yang tak lumrah. Contohnya tingkah laku hiperaktif dikarenakan over birahi, ada kutu di sarang pengeraman atau keadaan area ternak yang kurang kondusif.

Suhu udara yang terlau dingin

Hal ini di pengaruhi oleh cuaca. Bulan Desember hingga Januari yaitu bulan penghujan. Intensitas hujan yang tinggi bisa menyebabkan suhu hawa jadi dingin. Hal ini merubah sistem pengeraman telur kenari. Suhu yaitu faktor yang sangat mutlak untuk perubahan embrio didalam telur kenari. Menurut informasi dari beberapa master breeding, suhu tubuh dari burung kenari dewasa yaitu 107 °F, tapi burung kenari di dalam situasi mengerami bisa meraih 110 °F, tapi suhu didalam telur tak bisa melebihi 100 °F. Menaruh telur burung pada suhu 80 °F atau diatas bisa mengakibatkan lambatnya perkembangan beberapa sel yang membuahkan embrio yang selanjutnya bisa mengakibatkan kematian beberapa sel embrio.

Serta sebaliknya juga bila telur burung disimpan pada suhu dibawah 40 °F ( 4, 4 °C ) akan membunuh beberapa sel yang subur ini. Oleh sebab itu, Bila anda pingin menaruh telur burung kenari, maka anda mesti menyimpannya di dalam ruangan yang sejuk antara 50°F – 65 °F.

Hormon indukan kenari yang tak siap

Agar bisa membuahkan keturunan, hormon kenari indukan jadi faktor penentu. Bukan sekedar hormon si jantan, tapi hormon betina juga bertindak pada hasil pembuahan sel telur. Keadaan birahi burung tak bisa jadi patokan bahwa burung kenari tersebut mempunyai hormon yang baik serta subur. Konsumsi makanan yang bergizi mempunyai kandungan vitamin serta mineral seperti sayur-sayuran dan buah-buahan lah yang merubah perubahan hormon untuk indukan.

Indukan kenari terinfeksi penyakit

Indukan kenari yang terkena penyakit bisa punya pengaruh pada stamina serta nafsu makan. Maka otomatis kenari tidak ingin mengerami telur-telurnya. Oleh sebab itu kesehatan indukan kenari mesti senantiasa dipantau. Umumnya munculnya infeksi penyakit indukan kenari dikarenakan oleh kurang terawatnya kebersihan sangkar.

loading...

Pencarian Penyebab Telur Kenari Gagal Menetas

akibat telur entok gagal ketika di erami induk nya, bahaya kroto semut hitam bagi burung, love bird gestang nda bisa membuahi, lovebird jantan gestang bisa membuahi, telur lovbrid menetas

Artikel Terkait Penyebab Telur Kenari Gagal Menetas

Penyebab Telur Kenari Gagal Menetas | | 4.5