Teknik Meloloh Anakan Lovebird

Teknik Meloloh Anakan Lovebird – Meloloh anakan burung lebih sering dikenal dengan istilah HF/ hand feeding yang lebih biasa digunakan dalam dunia penangkaran burung. Hand feeding artinya memberikan makanan anakan burung dengan bantuan tangan manusia (bukan indukan burung). Dengan hand feeding akan diperoleh burung yang jinak dan lebih mudah dalam pemeliharaan. Cara memberi makan anak burung dengan cara spet ke paruh atau meloloh (bahasa Jawa) atau hand feeding (Inggris) sudah banyak dilakukan para penangkar burung lovebird dan kenari di Indonesia.

Meloloh anakan lovebird menggunakan sendok

Meloloh anakan lovebird menggunakan sendok

Pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa Teknik Meloloh Piyik Lovebird dengan harapan supaya bisa mengurangi angka kematian piyikan lovebird. Beberapa teknik terebut adalah:

Menggunakan sendok

Cara meloloh anakan lovebird menggunakan sendok yaitu menyodorkan sendok yang sudah diberi pakan pada piyik lovebird. Di sendokkan sisi sendok dibuat melengkung seukuran paruh bawah burung dewasa. Diperlukan beberapa sendok sesuai kebutuhan. Cara ini sangat mudah dan disarankan untuk pemula, supaya dapat memperkecil risiko terlalu banyak pakan yang dilolohkan maupun tersedak. Peralatan juga dapat di disenfektan dengan mudah.Metode ini biasanya bisa digunakan ketika piyik lovebird sudah mulai lancar berdirinya , biasanya diatas umur 20 hari. Kekurangan dari metode ini bila yang akan kita HF berjumlah banyak cukup memakan waktu yang lama karena kita harus bersabar mengikuti keinginan piyik lovebird tersebut.

Menggunakan bekas botol cuka yang dipotong/ dimodifikasi ujungnya.

Meloloh dengan menggunakan metode ini lebih umum di gunakan karena lebih mudah, aman dan sampai dengan saat ini saya memakai metode ini cuman kita harus ekstra sabar. Untuk piyikan umur dibawah 2 minggu metode ini sangat aman. Kekurangan dari metode ini bila yang akan kita HF berjumlah banyak juga cukup memakan waktu yang lama karena kita harus bersabar mengikuti keinginan si piyikan.

Menggunakan Spet suntikan karet pentil.

Menggunakan Spet ( jarum suntik ) yang sudah di modifikasi mengganti jarumnya dengan pentil sepeda. Handfeeding anakan lovebird menggunakan spet dengan karet angin merupakan metode yang paling banyak digunakan breeder di Indonesia. Dalam metode ini, proses pelolohan menggunakan alat bantu spet (spuit) yang bisa dibeli di toko unggas maupun toko kimia. Pilihlah spuit yang berukuran kecil (volume 5 ml atau 10 ml). Cabut jarumnya dari ujung spet, kemudian diganti dengan karet angin / pentil sepeda. Karet angin merupakan istilah yang kerap digunakan para penangkar burung. Handfeeding menggunakan spet dengan pentil sepeda lebih dianjurkan untuk anakan lovebird yang berumur 14-20 hari. Sebab ujung saluran pencernaannya, yaitu kerongkongan, masih sangat kecil. Metode ini tidak disarankan untuk pemula. Metode ini saya rasa perlu mempunyai keahlian khusus sebab pentil sepeda kita masukkan dari mulut sampai ke tembolok piyekan, baru kita tekan untuk memasukkan makanannya. Kelebihan metode ini cukup cepat dalam pemberian makanan tapi jika tidak hati – hati burung bisa tersendak, tenggorokan luka dan mati. Untuk meloloh piyikan lovebird umur dibawah 14 hari, kami sangat tidak menyarankan menggunakan metode ini. Untuk meloloh burung dibawah umur 14 hari kami menyarankan meloloh Menggunakan bekas botol cuka yang dipotong/ dimodifikasi ujungnya.

Semoga bermanfaat!

loading...

Pencarian Teknik Meloloh Anakan Lovebird

cara mengusir semut di glodok lovebird, mengatasi semut di glodok, umur berapa cipow ngeplong, cara merawat kowul agar jadi burung petetan, cara mengatasi benjolan kepala anak kacer, cipoh ngeplong, cara memodifikasi botol cuka bekas untuk meloloh anakan lovebird, cara membuat lovebird tidak ngembung waktu gantangan, cara meloloh anakan lovebird pakai botol cuka, cara meloloh anakan lovebird dengan botol cuka bekas

Artikel Terkait Teknik Meloloh Anakan Lovebird

Teknik Meloloh Anakan Lovebird | | 4.5