Tips Merawat Ayam Bekisar

Ayam bekisar

Ayam bekisar

Tips merawat ayam bekisar – Jika cuaca sedang ekstrim dan sering kali berubah rubah, diperlukan tindakan khusus dalam merawat ayam bekisar kesayangan kita. Cuaca di musim penghujan namun seringkali cuaca panas terik justru terjadi. Perubahan kondisi cuaca yang ekstrim ini harus kita waspadai demi kesehatan ayam bekisar kita.

Merawat ayam bekisar guna menjaga staminanya mesti lebih diutamakan di tengah kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang ini supaya ayam bekisar kita tidak mudah drop atau terserang penyakit. Apalagi jika ayam bekisar kita adalah bekisar jawara dan menjadi asset yang mahal bagi pemiliknya.

Bagaimana tips merawat ayam bekisar supaya tetap sehat? Berikut ini beberapa langkah yang dapat di ikuti:

  • Berikan extra fooding seperti ulat hongkong secara teratur namun jangan terlalu banyak.
  • Dapat juga diberikan ekstra podeng setiap sore, ekstra podeng ini dapat kita buat dari campuran air kencur dan madu yng dicampurkan ke dalam pakan.
  • Ayam bekisar juga butuh dijemur beberapa menit ketika cuaca memungkinkan supaya tetap merasa hangat.
  • Supaya kualitas suara ayam bekisar kesayangan kita juga tetap baik, berikan pisang kapok atau tomat dan jangkrik secara teratur namun juga jangan terlalu banyak.
  • Sangkar ayam bekisar ditutup dengan krakap dimulai setiap menjelang maghrib

Tips memberi obat ayam bekisar

Jika ayam bekisar kesayangan kita mendadak sakit serta tidak mau makan, kita-pun akan terbawa sedih tentunya.  Sedih sekali rasanya jika melihat ayam bekisar kesayangan kita tiba-tiba sakit dan tidak mau makan. Atau bahkan terkadang batuk dan mengeluarkan suara nglokor. Jika kita biarkan saja maka besar kemungkinan berujung pada kematian. Sedangkan jika ayam bekisar kita sakit untuk memberi obatnya biasanya sangat sulit sebab ayam bekisar kita tidak mau makan dan tidak mau minum. Berikut ini adalah tips nya:

  • Yang paling sederhana adalah dengan memberi obat cair dalam minumnya. Namun harus kita tinjau terus sebab jika tidak habis berhari hari obat tadik justru dapat menimbulkan masalah baru seperti keracunan.
  • Dengan mencampur obat ke pakan ayam tapi tips ini kurang efektif, sebab ayam bekisar kita makan saja sudah jarang. Walau begitu ada baiknya tetap di coba , siapa tahu mau makan dan sembuh.
  • Obat dapat di campur pada makanan kesukaan, misalnya pada kroto. Ayam bekisar biasanya sangat menyukai kroto, tips ini biasanya lebih efektif.  Sebaiknya campuran kroto diberi air sedikit, sebaiknya obat yang di gunakan dalam betuk bubuk. Bubuk obat dicampur pada kroto, lalu kita sajikan ke ayam.
  • Melalui pipet tetes atau suntikan tanpa jarum yang langsung kita teteskan ke mulut ayam bekisar kita. Ini lebih efektif karena obat dapat langsung masuk ke tubuh ayam bekisar kita. Obat atau vitamin yang di berikan harus dalam keadaan cair.
  • Memakai suntikan langsung ke pembuluh darah ayam ini adalah tips terakhir dan jika ayam bekisar kita mengalami sakit yang cukup parah. Namun tips ini hanya dapat di lakukan oleh para ahli atau dokter hewan, kesalahan dalam menyuntik dapat berakibat fatal bagi ayam peliharaan kita.

Itulah beberapa tips merawat ayam bekisar semoga ini bermanfaat bagi para penghobi ayam hias khususnya ayam bekisar

loading...

Pencarian Tips Merawat Ayam Bekisar

suara bekisar mp3 download, download suara ayam bekisar, perawatan harian bekisar, tledekan gembung, download suara bekisar, download mp3 bekisar, suara bekisar mp3, suara ayam bekisar mp3 download, Merawat doc bekisar, download ayam bekisar

Artikel Terkait Tips Merawat Ayam Bekisar

Tips Merawat Ayam Bekisar | | 4.5